Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

KEGIATAN PENGUATAN KETAHAN PANGANAN TINGKAT DESA (LUMBUNG DESA) DESA BUNUTIN 2023

12 April 2023 13:23:11  administrator  166 Kali Dibaca  Berita Desa

Bunutin, Rabu 12 April 2023

Pemerintah Desa Bunutin Berkolaborasi dengan BPSIP dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Bangli dalam melaksanakan Kegiatan Penguatan Ketahan Panganan Tingkat Desa di Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Perbekel Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa ini termasuk dalam APBDes Tahun Anggaran 2023. Bidang Pemberdayan Masyarakat, Sub Bidang Pertanian dan Peternakan yaitu Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa (Lumbung Desa). Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa bersumber dari DDS (Dana Desa) APBDes Anggaran Tahun 2023.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa. Acara dibuka oleh Bapak Perbekel Desa Bunutin (I Ketut Librata Jaya). Setelahnya penyerahan Benih Padi Varietas Inpari 32 secara simbolis kepada Petani Peserta Demfarm Padi Sawah. Kegiatan Demfarm seluas 24 hektar tersebar di wilayan 8 subak se-Desa Bunutin dengan luasan masing - masing subak 3 hektar. Menggunakan Varietas Inpari 32 dan Infari 48 selain benih petani juga menerima Pupuk Organik sejumlah 133 ton. Dengan rincian dosis 1 ton per-hektar sesuai luas baku lahan sawah di Desa Bunutin.

Dilanjutkan Pemaparan Bapak Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli (Bapak Ir. I Wayan Sarma) Dengan materi kebijakan pembangunan pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan :

Pengolahan tanah di pertanian.

Anggaran pendanaan dari pusat.

Pencairan Pupuk bebersubsid.

Penggunaan pupuk harus yg organik.

Batas penggunaan bawah pemerintahan tidak Mebatasi penggunaan pupuk.

BPSIP Provinsi Bali dengan materi terkait :

Kendala peningkatan kualitas padi

Perbaikan infrastruktur (jangan irigasi)

Penyediaan pupuk 6 tepat

Dekripsi varietas unggul baru (VUB) Padi.

Teknologi budaya padi

Komponen teknologi produk padi

Varietas padi unggul dan lain - lain.

Penyuluh Pertanian wilayah Bunutin (Wayan Sadia,SP.,M.Si) menyampaikan tentang Pelaksanaan Kegiatan Demfarm seluas 24 hektar. Pada kesempatan itu juga di sampaikan penggunaan pupuk organik sebagai upaya petani agar bisa bertani selaras alam.

Kegiatan Penguatan Ketahan Panganan Tingkat Desa dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian Ketahana Pangan dan Perikanan (Bapak Ir. I Wayan Sarma), Bapak Perbekel Desa Bunutin (I Ketut Librata Jaya) beser jajarannya, Bapak Kordinator BPP Kecamatan Bangli (I Made Suryawan,S.ST), Bapak PPL (Wayan Sadia,SP.,M.Si) Tim BPSIP Provinsi Bali, Kelian Subak se-Desa Bunutin, Warga Petani Desa Bunutin.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:539
    Kemarin:855
    Total Pengunjung:592.026
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.95.39.127
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel