Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

PROGRAM PENYULUHAN KETAHAN PANGAN DAN HEWANI

09 Februari 2023 03:55:59  administrator  1.070 Kali Dibaca  Berita Desa

Bunutin, 07 Pebruari 2023.

Pemerintah Desa Bunutin bersama Bapak PPL (I Wayan Sadya), Bapak Babinsa dan Bapak Babinkantibmas Desa Bunutin  melaksanakan Program Penyuluhan Ketahan Pangan dan Hewani kepada Kelian Subak se-Desa Bunutin. Kegiatan ini masuk dalam APBDes di Bidang Pemberdayaan Masyarakatan, Sub Bidang Pertanian dan Peternakan yaitu Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Des bersumber dari DD (Dana Desa) APBDes Anggaran Tahun 2023 kegiatan ini bertempat di Ruang Rapat Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Acara ini di buka oleh Ibu Kasi. Kesra. (Ida Idewa Ayu Rina Tisyana Dewi). “Titiang selaku PPKD (Pelaksana Pengelola Keuangan Desa) hanya mendapingi dan memaparkan anggaran-anggaran yang tersedia dan akan di realisasikan.”

Selanjutnya penyampaian dari Bapak PPL (Pegawai Penyuluhan Lapangan). “Ring galahe puniki titiang matur majeng ring Kelian Subak sane sampun rauh, pemargi utawi kegiatan ring Desa inggih punika Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa. Sedurung titiang ngelanturang topik punuka titiang ngewewehin bedik di tahun 2023 kegiatan ring Dinas durung wenten keluar seoerti apa yang kita laksanakan di tahun-tahun sebelumnya”,kata Bapak I Wayan Sadya selaku PPL Desa Bunutin.

“Kemudian kegian rutin yg akan kita laksanakan nantinya adalah penandaan dan pendataan ternak seperti pemasangan nemtek pada telinga sapi”. “Kemari ada himbaun dari atasan bahwa saat melakukan penjualan sapi harus ada tanda atau nemtek”. Maka dari itu kita akan turun lagi ke lapangan untuk mengulang pendataan ternak. (tambahnya)

Selanjutnya penyampaian dari Bapak Ketua BPD (Dewa S. Nyoman Juliartana). “Rahine mangkin indik penguleman sane kedulurin titiang indik penyuluhan bahasannyane sake manten niki ngerauhang wantah kelian subak titiang nunas ke benjangan informasi puniki sane ketrima subak duwene suang-suang puniki”.

Selanjutnya penyampaian dari Bapak SekDes (I Ketut Puja Yasa), “Yang saya mau sampaikan di sini, apa yg disampaikan oleh Bapak Ketua BPD disini tentang Ketahanan Pangan dan Hewani Desa Bunutin itu berdasarkan peraturan menteri keuangan nomor 2001/PMK 07 2002 tentang pengelolaan Dana Desa di tahun 2023 dan APBDes Desa Bunutin nomor 4 tahun 2022 tentang Anggaran dan Pendapatan Belanja tahun 2023. Maka kami dari Pemerintahan Desa menyampaikan sosialisasi masalah ketahanan pangan pada hari ini, yg tujuannya untuk meningkatkan penghasilan petani khususnya di Desa Bunutin dan perlu tiang sampaikan disini bahwa jumlah anggaran yg di blok pada ketahanan pangan di RAB jumlah anggaranya Rp 45.632.500,-.(ujarnya) 

“Dari jumlah anggaran semuanya nanti di bagi untuk ATK sekitar 56 Ribu, Foto Copy dan Cetak Penggandaan 446 Ribu, Belanja Konsumsi makanan dan minuman Rp 1.057.500, Belanja Konotarium untuk jasa narasumber 1 Juta dan Belanja Pangan untuk di berikan kepada Masyarakat jumlahnya Rp 40.200.000. Itu tujuan Pemerintah Desa Bunutin melalui peraturan menteri keuangan Tahun 2022”.(tambahnya) 

Yang terakhit imbauan dari Bapak Babinkamtibmas Desa Bunutin (I Nengah Padmayasa), “Terkait kegiatan puniki pastike sampun uning sumber dana puniki bersumber dari DD (Dana Desa) pastika sampun titiang nyarengin memantau utawin mendampingi terkait kegiatan puniki tujuannya tidak lain adalah meminimalisir terjadinya penyalahgunaan artinya kegiatan puniki memang benar-benar di laksanakan oleh Desa dan titiang pun wajib mendampingi, mengawasi lan melaporkan hasil kegiatan punika.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak PLL (I Wayan Sadia), Bapak SekDes (I Ketut Puja Yasa), Ibu Kasi. Kesra. (Ida Idewa Ayu Rina Tisyana Dewi), Kelian Subak Bajar Dinas se-Desa Bunutin, dan di monitor langsung oleh Bapak Babinsa, Babinkamtibmas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:478
    Kemarin:1.065
    Total Pengunjung:654.789
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.142.143
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel