Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

Banjar Guliang Kawan Bangkitkan Potensi Wisata Alam

07 April 2018 00:00:00  administrator  1.141 Kali Dibaca  Berita Desa

Terletak di perbatasan Gianyar-Bangli, Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin, justru merasa diuntungkan.
Bagaimana tidak, lokasinya yang berada di pintu masuk Bangli, dan menjadi jalur utama kendaraan pengangkut wisatawan dari arah selatan, memberikan peluang besar untuk mengenalkan berbagai potensi dari desa ini.

Diungkapkan oleh Kepala Dusun Guliang Kawan, I Nengah Sutakta, lokasi banjar yang strategis disadari betul oleh sejumlah masyarakat Guliang Kawan. Kini masyarakat mulai getol membangkitkan berbagai potensi desa, untuk dijadikan objek wisata.

“Salah satu yang kini sedang booming dan banyak diminati wisatawan adalah objek wisata bukit selfie, atau yang kerap dikenal dengan twin hill,” ujarnya Jumat (6/4). Getolnya masyarakat membangkitkan pariwisata di Guliang Kawan, tidak lain lantaran terinspirasi dari Desa Penglipuran, yang lebih dahulu dikenal banyak orang.

Seringkali pokdarwis Guliang Kawan ‘mencuri’ ilmu di desa lain, salah satunya Desa Penglipuran, untuk melihat penataan desa hingga tingkat kesadaran masyarakat, akan pentingnya menjaga kebersihan wilayahnya.

“Melahirkan paradigma kebersihan ini yang paling sulit diaplikasikan ke masyarakat. Mencontoh dari Desa Penglipuran, dengan kebersihan yang dimiliki, mampu menarik kunjungan wisata per hari hingga ribuan wisatawan. Tentunya jika konsep ini bisa diterapkan pada wilayah kami, akan sangat mendukung potensi pariwisata yang ada,” ucap Sutakta.

Terkait permasalahan tersebut, kini pihaknya masih merancang berbagai jalan keluar. Salah satunya yakni penyediaan bank sampah, demi menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, utamanya dari sampah plastik. (Sumber : Tribun Bali.com).

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:482
    Kemarin:552
    Total Pengunjung:608.708
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.142.171.180
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel