Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

Bupati Made Gianyar Minta Bumdes Tidak Monoton di Unit Simpan Pinjam namun Bisa Kembangkan Potensi D

21 Desember 2017 00:00:00  administrator  675 Kali Dibaca  Berita Desa

Bupati Bangli I Made Gianyar meminta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bangli lebih kreatif sehingga tidak hanya bergelut di unit simpan pinjam saja. Namun Bumdes diharapkan bisa mengembangkan unit-unit usaha lain sesuai dengan potensi yang ada didesa masing-masing untuk mendorong pemerataan pembangunan desa di Bangli. Hal ini disampaikan Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn, saat melaunching Bumdes Panca Sedana Sari Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kamis (21/12). Peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangli Dewa Bagus Riana Putra, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Bangli Nyoman Suteja, Camat Bangli Wayan Wardana, Penjabat Perbekel Desa Bunutin I Nengah Muja dan OPD terkait lainnya.

Lebih lanjut Bupati Made Gianyar menyampaikan, pemgembangan Bumdes merupakan salah satu upaya untuk mempercepat pembangunan Bangli dari desa, disamping program unggulan lain seperti Alokasi Dana Desa (ADD) yang besar ke desa, Gerbangdessigot, Gerbang Gita Santi dan Hotmix masuk desa. Untuk itu Bupati Made Gianyar meminta Bumdes tidak hanya berkutat di unit simpan pinjam saja, tetapi bisa menjangkau unit lain sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing. “Kalau di desa ada potensi pertanian, pertaniannya harus didorong. Kalau ada pasar, pasarnya dikembangkan. Kalau ada potensi pariwisata, pariwisatanya dikembangkan. Intinya Bumdes jangan hanya menjangkau satu unit usaha saja, melainkan bisa mendorong dan mengembangkan semua potensi yang ada di desa untuk kesejahteraan bersama”jelasnya.

Disampaikan juga, saat ini di Kabupaten Bangli sudah bediri 47 Bumdes. Dari jumlah tersebut, 4 diantarannya merupakan Bumdes bersama yang ada di kecamatan. Artinya baru 43 desa di Bangli yang sudah memiliki bumdes. “Kita targetkan dalam 2 tahun mendatang atau tahun 2020 semua desa di Bangli harus memiliki Bumdes”kata Made Gianyar.

Pada kesempatan itu Bupati Made Gianyar juga mengapresiasi program Desa Bunutin yang memiliki inovasi di bidang pemberdayaan masyarakat. Dimana masyarakat kurang mampu diberikan stimulan berupa bantuan bergulir 2 ekor bibit babi. Nantinya setelah besar dan siap dijual, keuntungan dari babi ini dibagi dua, 65 persen untuk dipenerima bantuan dan 35 persen masuk ke kas desa. “Kita sangat mengapresiasi bantuan bergulir bibit babi ini, selain pemberdayaan kepada masyarakat kurang mampu, didalamnya juga ada sisi pendidikan. Karena uang yang masuk ke desa merupakan tabungan yang harus dikelola untuk kesejahteraan orang banyak.”pungkasnya.

Pada saat acara berlangsung Bupati Made Gianyar juga menyerahkan total bantuan Rp 500 juta dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI untuk 10 Bumdes, yakni Bumdes Giri Partha Desa Kintamani, Bumdes Silih Asih Desa Susut, Bumdes Tri Komala Guna Desa Demulih, Bumdes Giri Kesuma Desa Pengotan, Bumdes Asta Satya Wiguna Desa Peninjoan, Bumdes Bulan Palapa Desa Landih, Bumdes Suter Jagadita Desa Suter, Bumdes Jaya Mulia Desa Abang Batu Dingding, Bumdes Guna Arta Desa Batu Kaang dan Bumdes Sebayan Taka Desa Selulung, serta menyerahkan bantuan bibit ternak babi kepada keluarga pra sejahtera Desa Bunutin, bantuan alat memasak kepada kelompok wanita tani (KWT) dan menyerahkan penguatan modal Bumdes Panca Sedana Sari Desa Bunutin sebesar Rp 400 juta. (Sumber : www.banglikab.go.id).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:743
    Kemarin:1.517
    Total Pengunjung:591.375
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.196.27.122
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel