Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH ( BANK SAMPAH )

23 Mei 2021 09:00:00  administrator  539 Kali Dibaca  Berita Desa

Bunutin, Minggu, 23 Mei 2021 PemDes Bunutin melaksanakan pelatihan terkait Pengelolaan Sampah ( Bank Sampah ) kepada Ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri, Desa Bunutin yang bertempat di Bale Banjar Dadia Puri, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Dalam Kegiatan Pengelolaan sampah ini, sebenarnya sudah rutin dilaksanakan setiap 1 Bulan oleh ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri. Guna lebih memantapkan  pemahaman ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri tentang manfaat dan tujuan dari Pengelolaan Sampah ( Bank Sampah ), maka itu PemDes Bunutin melaksanakan Gegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah yang merupakan usulan dari ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri dianggaran APBDes Tahun 2021, yang bersumber dari dana PBH sebesar 10 juta.

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah ini dibuka oleh Bapak Perbekel Bunutin serta sedikit memberikan arahan kepada ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri terkait Pengelolaan Sampah yang perlu di kembangkan adalah dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengelola sampah secara mandiri dan produktif, yaitu dengan membiasakan diri untuk memilah sampah sedini mungkin pada sumbernya seperti perumahan, kawasan komersil dan lain-lainnya ( I Ketut Librata Jaya ).

Dalam kesempatan ini  Bapak Wayan Sutirka selaku narasumber sedikit menyampaikan pemahaman tentang apa itu Bank sampah ?, Bank sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi (pasal 1 permen LH no:13 tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan 3 R yaitu Reduce, Reuse, Recycle melaui Bank sampah).

Tujuan dibentuknya bank sampah adalah mendidik / membudayakan pengurangan sampah ditingkat masyarakat sekaligus mengambil pemanfaat ekonomi dari pelaksanaanya agar terwujudnya bank sampah yang mandiri untuk membangun Ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau sehingga tercipta masyarakat yang sehat.

Didalam pelaksanaan kegiatan pelatihan pengelolaan sampah  Bapak Babin dan Bapak Bhabinkantibmas berkesempatan memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK Banjar Dadia Puri wajib dan selalu mentaati Prokes yang sudah berlaku guna menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Perbekel Bunutin, Bapak Sekdes Bunutin, Kelian Banjar Dinas Dadia Puri, Kelian Adat Dadia Puri, Bapak Babin, Bapak Bhabinkantibmas, Ketua PKK Banjar Dadia Puri beserta anggota, Kasi Kesra dan Narasumber DLH Bangli.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.507
    Kemarin:1.169
    Total Pengunjung:174.440
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.229.63.215
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel