Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.  Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bunutin untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Bunutin meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi Masyarakat Desa Bunutin dan Sekitarnya, kini tidak perlu jauh - jauh untuk membayar tagihan Anda. BUMDes Panca Sedana Sari Melayani segala jenis Pembayaran dengan program PPOB, seperti Listrik, PAM, Telpon, Indiehome, Pajak, Kredit, Asuransi dan lain-lainnya. Juga menerima simpanan masyarakat dan juga melayani pinjaman/kredit.

Artikel

Sejarah Desa

01 Januari 2017 00:00:00  administrator  1.678 Kali Dibaca 

Konon pada jaman dahulu sekitar tahun 1580 masehi ada suatu daerah yang sangat subur bernama alas bun (hutan bun) yang terletak di sebelah selatan wilayah kerajaan. Kemudian beliau memerintahkan rakyatnya untuk membuka alas bun itu menjadi daerah pertanian. Oleh karena tanahnya sangat subur dan cocok untuk pertanian maka banyak diantara rakyat Dalem Gelgel ingin menetap di desa Alas Bun, yang pada saat itu dipimpin langsung oleh I Dewa Agung Mas Wilis putra Raja Blangbangan yang telah lama menjadi putra angkat di kerajaan Gelgel. Di dalam memegang tampuk pemerintahan di desa Alas Bun keadaan ekonomi masyarakatnya menjadi meningkat. Demikian pula segala titah dan petunjuknya ditaati oleh masyarakat.

Setiap mengadakan rapat, kata - kata dari I Dewa Agung Mas Wilis selalu diikuti oleh masyarakat, kata dalam bahasa Bali = bawos (bun), diikuti bahasa Bali = Inutin. Lama kelamaan desa ini disebut Bun-Inutin dan sekarang lasim disebut BUNUTIN.

Tahun 1952 baru ada sekolah yang atapnya terbuat dari ilalang bertempat di kantor desa yang sekarang (Sekolah SR), merupakan swadaya masyarakat. Setelah tamat SR 3 tahun kemudian pindah ke Tamanbali, jumlah muridnya sekitar 50 orang. Dinding sekolah terbuat dari anyaman daun kelapa (klabang).

Tahun 1963 Balai Masyarakat Desa Bunutin menjadi yang terbaik di Bangli,  karena style ada ekor burungnya. Pada saat itu belum ada gedung SD maka balai masyarakat dipinjam untuk sekolah SD, kemudian sekolah tersebut pindah ke SD 3 Bunutin. Tahun 1966 - 1968 pindah ke SD 1 Bunutin, (belum ada gedung dan kekurangan kelas dan meminjam di depan Pura Sangiang).  Pada tahun 1966 kelas 1 selama 2 tahun.

Desa Bunutin merupakan miniatur Klungkung. Pusar Jagat dan Dalem Macepak ada di Desa Bunutin. Sebelum jadi Raja di Klungkung sebelumnya jadi Raja di Bunutin, penduduk Bunutin dibagi 2, setengah ikut Raja dan sebagian di Bunutin (Sejarah Balah Pane).

Dahulu Bunutin dan Tamanbali menjadi satu. Tahun 1960 baru dipisahkan. Pusehnya Tamanbali ada di Bunutin.

Raja memiliki pasraman yang disebut Dukuh Siladri tempat bagi penduduk untuk menempa ilmu (Sejarah Dukuh Selati. Tempek Prayu mengemong Tempek Raja. Tahun 2013 dideklarasikan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 pengajuan surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SIKS-NG

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:133
    Kemarin:661
    Total Pengunjung:605.042
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.118.250
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel